Skip to main content

APLIKASI EDITOR VIDEO PC 2020

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi edit video PC Adobe
Adobe adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang perangkat lunak. Salah satu yang terkenal untuk edit video adalah Adobe Premiere Pro.
Aplikasi yang satu ini sudah sangat tidak bisa diragukan lagi kemampuannya untuk edit video. Sebab itu, banyak orang yang menggunakan Adobe Premiere Pro ini keperluan editing video.
Adobe Premiere Pro menyediakan fitur yang cukup lengkap. Banyak fitur berguna ada di software ini. Kalau hanya untuk keperluan sederhana seperti capture, titler, dan trim sudah jelas pasti ada.
Adobe Premiere Pro juga sanggup untuk editing video dengan kualitas tinggi dan bahkan yang beresolusi 4K. Selain itu juga mendukung banyak format karena sudah dibekali dengan codec yang lengkap.
Berbeda dari kebanyakan software edit video PC lainnya, Adobe Premiere Pro memiliki tampilan yang sangat keren. Software ini juga dapat digunakan untuk mengediti efek.
Namun, jika Anda masih awam dengan cara editing video, mungkin Anda masih harus belajar lagi jika ingin mengoperasikannya. Sebab software ini cukup rumit untuk dioperasikan.
Pastikan spesifikasi komputer/laptop Anda tinggi jika ingin menggunakan aplikasi ini. Kalau tidak, pasti akan terasa sangat berat atau bahkan tidak bisa bekerja sama sekali.
File instalasinya juga terbilang cukup besar, maka Anda harus menyiapkan ruang yang besar juga untuk aplikasi ini.
Sudah pasti, dengan fitur-fitur keren yang ditawarkan, aplikasi ini jelas tidak gratis. Namun anda bisa mencoba paket Free Trial nya secara gratis sebelum membeli.

2. AVS Video Editor

AVS Video Editor
AVS Video Editor merupakan salah satu aplikasi edit video PC yang cukup ringan. Oleh sebab itu, aplikasi ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda.
Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah dilengkapi dengan video cache. Yaitu fitur yang dapat dengan mudah digunakan untuk mengedit video dengan resolusi Full-HD serta kecepatan yang tinggi.
Keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah dapat memisahkan video, memotong, menyematkan audio, memberikan teks dan masih banyak lagi.
Selain itu, di aplikasi ini juga sudah tersedia 300 efek transisi yang akan membuat video menjadi lebih kreatif. Download AVS Video Editor.

3. VirtualDub

Software edit video PC Virtual Dub
Jika Anda membutuhkan software edit video yang gratis dan ringan, maka VirtualDub ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. VirtualDub dapat diunduh pada Windows.
Selain itu, VirtualDub ini juga tergolong dalam kategori software yang simple dan tidak ribet saat digunakan. Anda bisa menghapus dan mengganti video dengan aplikasi ini.
Selain berfungsi sebagai editor video, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam layar PC anda. Download VirtualDub di sini.

4. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro Editor Video PC
Aplikasi besutan Sony ini lebih diperuntukkan untuk orang yang sudah ahli dalam editing video karena fitur yang disediakan cukup kompleks.
Kalau Anda sudah familiar dengan hal-hal menyangkut editing video, Anda pasti bisa menghasilkan video yang keren serta menarik dengan menggunakan Sony Vegas Pro.
Walupun dikatakan untuk para profesional, Anda tetap bisa menjumpai tampilan yang mudah dimengerti. Misalnya, timeline yang ditampilkan cukup simpel.
Selain itu, Anda hanya perlu drag Video yang akan diedit dan aplikasi ini akan secara langsung membaginya menjadi 2 kolom. Yakni kolom video dan kolom sound.
Anda juga akan diberikan fitur animasi yang sudah disediakan tanpa harus perlu membuat animasi sendiri. Selain itu, masih banyak fitur-fitur keren yang juga terdapat pada aplikasi ini.
Namun sayangnya, Sony Vegas Pro bukanlah aplikasi gratisan yang bisa Anda gunakan. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, maka Anda harus memiliki lisensinya.
Download Sony Vegas Pro di sini.

5. Corel Video Studio

Aplikasi edit video PC Corel Studio
Corel, sebagai sebuah perusahaan yang tak kalah besar dari Adobe, juga menyediakan aplikasi edit video PC yang tangguh. Aplikasi dari Corel bernama Corel Video Studio.
Jika Anda masih awam dalam editing video atau pemula, aplikasi ini sangat cocok Anda gunakan karena tampilannya sederhana dan mudah dimengerti.
Walaupun tampilannya sederhana, fitur-fitur yang disediakan tidak bisa dibilang sederhana juga. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang canggih.
Fitur-fitur yang dimiliki Corel Video Studio meliputi fitur sederhana sampai dengan yang kompleks.
Fitur-fitur di aplikasi ini: celarer audio, XAVC S, creativity options, freeze frame, convert titles to alpha channel, efek, smart features, score fitter, screen capture, media library management, 4K hardware acceleration, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.
Namun Corel Video Studio bukanlah aplikasi gratis. Anda harus memiliki lisensi jika ingin menggunakan aplikasi ini. Download Corel Video Studio di sini.

6. Windows Movie Maker

Editor Video windows movie maker
Sesuai dengan namanya, software edit video ini hanya dapat digunakan untuk PC yang berbasis Windows saja. Software ini memang sengaja dibuat untuk Anda yang memiliki hobi dalam mengedit video yang keren, bagus dan penuh dengan kreativitas.
Selain itu, windows movie maker ini juga dapat dikatakan mudah pengoperasiannya karena memiliki interface yang sederhana. Hal inilah yang membuat Windows Movie Maker sangat cocok digunakan untuk pemula.
Meskipun demikian, fitur-fitur yang ditawarkan oleh software ini juga sangat menarik. Jadi, dijamin hasilnya akan memuaskan. Tertarik untuk menjajalnya? Langsung saja download aplikasinya di PC Anda.
Download Windows Movie Maker di sini.

7. Avidemux

Aplikasi edit video pc avidemux
Untuk Anda yang masih bingung mencari aplikasi edit video PC gratis terbaik, ada nih aplikasi yang keren banget yang bisa Anda gunakan, yakni Avidemux.
Nah, si Avidemux ini ternyata bisa diunduh secara gratis di PC Anda. Selain gratis, keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang cukup praktis dan mudah digunakan.
Karena Avidemux memang sengaja dirancang sebagai aplikasi penyunting video yang pengoperasiannya sederhana dan mudah digunakan untuk pemula.
Aplikasi ini juga tetap bisa digunakan untuk memotong, menyematkan filter, bahkan pengkodean juga bisa. Hal inilah yang menjadikan aplikasi ini cocok digunakan untuk pemula.
Namun, meski cocok untuk pemula, aplikasi ini juga bisa lo digunakan untuk penyuntingan video profesional dengan hasil yang berkualitas tinggi.
Download  Avidemux di sini.
Baca Juga: Aplikasi Pemutar Video Terbaik untuk PC

8. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio
Jika Anda adalah seorang pemula yang sedang belajar menyunting video dan bingung mencari aplikasi apa yang paling tepat untuk pemula, maka Pinnacle ini bisa Anda andalkan.
Jadi, Pinnacle Studio merupakan aplikasi penyunting video sederhana, murah namun memiliki banyak sekali fitur lengkap yang bisa Anda gunakan.
Di sini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur editing paling dasar untuk pemula. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengedit video sekaligus belajar membuat video yang berkualitas.
Sebab, dengan menggunakan pinnacle studio ini, Anda dapat mengedit video dan mencurahkan semua kreativitas yang anda miliki di dalamnya.
Selain itu, untuk soal kualitas hasilnya, Pinnacle Studio sudah tidak diragukan lagi. Meskipun aplikasi edit video INI untuk pemula, namun kualitas video yang dihasilkan cukup baik.
Download Pinnacle Studio di sini.

9. HitFilm Express

Software pembuat film HitFilm Express
Anda ingin aplikasi edit video PC yang benar-benar gratis? Beruntung sekali, selain beberapa aplikasi yang telah disebutkan, HitFilm masuk jajaran aplikasi edit video pc gratis terbaik yang patut Anda coba.
Aplikasi ini bisa digunakan untuk video editing dan VFX. HitFilm Express memberikan klaim bahwa aplikasi ini adalah aplikasi yang tepat jika Anda ingin membuat sesuatu yang keren.
Sangat cocok untuk pelajar, YouTubers, dan pembuat film pemula. Berbicara soal fitur, aplikasi ini mempunyai fitur yang banyak sekali. Anda juga bisa menambahkan add-on untuk aplikasi ini.
Selain itu, juga tidak diharuskan dengan komputer super canggih untuk menggunakan aplikasi ini. Namun, jika Anda mempunyai komputer dengan spesifikasi tinggi tentu akan lebih baik.
Memang HitFilm tersedia dalam versi gratis. Namun, Anda bisa mencoba fitur lainnya yang lebih keren lagi dengan versi yang berbayar.
Pada versi berbayar, tentunya Anda bisa mendapatkan fitur yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang edisi gratis.
Download HitFilm Express di sini.

10. Camtasia

Untuk Anda yang menggunakan Mac dan bingung mencari aplikasi edit video yang bisa digunakan, Camtasia ini dapat Anda coba.
Camtasia merupakan aplikasi penyunting video yang tidak hanya digunakan pada Windows, namun juga bisa digunakan pada Mac.
Yang menarik dari aplikasi ini adalah ia sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan bagus untuk menciptakan video yang berkualitas.
Tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit saja, namun Camtasia juga bisa digunakan sebagai aplikasi perekam layar PC.
Download Camtasia di sini.

11. Kate’s Video Toolkit

Software edit video pc ringan
Jika Anda membutuhkan software edit video yang memiliki format lengkap, maka Kate’s Video Toolkit adalah pilihan yang yang bisa anda coba.
Mengapa? Sebab software ini sudah didukung dengan format AVI, MOV, WMV, ASF, DIVX, MP4, 3GP, MPEG1, VCD-NTSC, MPEG2, VCD-PAL, SVCD-PAL, DVD-PAL, dan masih banyak format lainnya.
Dengan software ini, Anda dapat convert atau mengubah video dengan mudah. Tidak hanya itu saja, Kate’s Video Toolkit juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang keren dan menarik, salah satunya ada efek 3D Transition.
Adapun aplikasi ini hanya dapat digunakan pada PC Windows 98, Vista dan XP saja. Apakah Anda tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi ini? Download di sini.

12. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor
Dari namanya saja sudah langsung dapat ditebak. Iya, benar sekali. Aplikasi ini gratis, benar-benar gratis tanpa harus membayar apapun untuk menggunakannya.
Walaupun aplikasi ini gratis, kamu tetap bisa menjumpai beberapa fitur editing seperti yang ada pada aplikasi berbayar. Aplikasi ini bahkan juga mendukung banyak format file.
Mungkin, salah satu yang akan mengganggu Anda adalah penampilannya, apalagi untuk Anda yang baru belajar tentang video editing. Penyebabnya adalah tampilan dari aplikasi ini yang lumayan rumit.
Bagi Anda yang masih pemula pasti akan bingung saat mengoperasikan aplikasi ini karena kerumitan tampilannya. Anda bisa download aplikasi ini di sini.

13. OpenShot

Aplikasi edit video pc gratis OpenShot
Aplikasi Edit Video PC terbaik yang berfitur lengkap tidak melulu yang berbayar, kok. Anda juga bisa merasakan fitur-fitur yang beragam di aplikasi editing video gratis bernama OpenShot.
Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan semua fitur yang disediakan aplikasi ini. Tidak perlu menyebutkan fitur-fitur sederhana, karena semua fitur sederhana sudah tersedia di video ini.
Fitur-fitur yang perlu dibahas adalah fitur-fitur tambahan seperti curve-based Key Frame animation yang bisa memberikan efek-efek animasi menarik.
Tampilan aplikasi ini juga sederhana, jadi Anda tidak perlu kebingungan menggunakan aplikasi ini. Sangat cocok Anda gunakan jika Anda baru belajar editing video atau seorang pemula.
Aplikasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang menggunakan sistem operasi Windows, namun juga tersedia di sistem operasi Mac dan Linux.

Comments

IKLAN