Skip to main content

APLIKASI PEREKAM LAYAR PC 2020 GRATIS DAN RINGAN

Inilah 13 aplikasi screen recorder untuk pc/laptop/notebook yang kami rangkum dari berbagai sumber yang layak kita ketahui khususnya di zaman youtuber mania sekarang ini, yukkk di simak aja dan pastikan menjadi koleksi sahabat semua..


Nah, agar video hasil rekaman terlihat lebih menarik dan rapi, anda bisa mengeditnya lebih dulu dengan aplikasi edit video PC. Pilih aplikasi terbaik dan pelajari penggunaannya.

1. Aplikasi Perekam Layar PC OBS Studio

Aplikasi Perekam Layar PC OBS Studio
Open Broadcaster Software atau biasa disebut OBS merupakan software yang bersifat open source dan multi-platform. Dengan adanya sifat ini OBS menjadi perangkat lunak yang bebas digunakan sistem operasi manapun.
Dan juga OBS dapat dimiliki oleh siapapun tanpa membayar alias gratis. Tampilannya yang sederhana, membuat aplikasi ini banyak digemari oleh para youtuber.
Anda patut mencoba aplikasi ini untuk merekam layar pc anda. Karena, aplikasi perekam layar pc yang satu ini memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah:
  • Open Source
  • Banyak Pilihan Filter Video
  • Menu tema dapat diganti
  • Mendukung streaming/live broadcast.
Sebagaimana aplikasi lainnya, OBS Studio juga memiliki kekurangan. Kekeurangan tersebut adalah kurang lengkapnya panduan menggunakan aplikasi ini.
Sehingga anda harus mempelajari sendiri bagaimana cara untuk memanfaatkan software ini secara maksimal untuk menggunakannya.
Jika ingin mencobanya silahkan download OBS.

2. Atomi Active

Atomi Active
Atomi Active merupakan salah satu aplikasi yang memiliki desain minimalis. Namun jangan salah, meskipun dengan desain yang minimlais anda juga tetap dapat merekam layar pc anda dengan resolusi yang tinggi.
Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam seluruh layar atau hanya bagian tertentu dalam pc anda. Sehingga cocok untuk anda yang ingin membuat video durasi lama.
Sebagai salah satu aplikasi perekam layar terbaik, Atommi Active ini memiliki beberapa kelebihan yang mereka tawarkan. Kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tanpa watermark
  • Berbagai fitur efek
  • Fitur editing
  • Format yang beragam
Dan dibalik segudang kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Di antaranya adalah tidak adanya fitur untuk mengunggah secara langsung ke youtube atau facebook.
Sehingga hal ini cukup menyulitkan anda untuk mengungah video yang anda buat. Download Atomi Active.

3. Screenpresso

Screen Recorder PC
Perekam layar selanjutnya adalah Screenpresso. Aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu berbayar dan gratis. Kedua versi ini jelas memiliki perbedaan.
Aplikasi ini tentu sangat berguna untuk anda yang ingin merekam layar pc secara standar. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Screenpresso ini.
Kelebihan ScreenPresso adalah sebagai berikut:
  1. Dapat merekam audio dan webcam secara bersamaan dengan layar.
  2. Dapat digunakan untuk penggunaan komersial.
  3. Hasil output tidak berat.
  4. Fitur Quick Access untuk meninjau rekaman video sebelumnya.
  5. Fitur share ke beberapa media sosial.
Berikut ini adalah Kekurangan Screenpresso:
  1. Durasi rekaman hanya bisa maksimal 3 menit di versi gratis.
  2. Tidak bisa menghapus watermark dalam video di versi gratis.
  3. Tidak terdapat dukungan dan panduan untuk android di versi gratis.

4. Icecream Screen Recorder PC

Icecream Screen Recorder PC
Icecream Screen Recorder ini dapat digunakan untuk merekam webinar yang sedang berlangsung, merekam video call ataupun game play.
User interface pada software ini dapat dengan mudah dipahami, sehingga screen recorder ini menjadi primadona para pembuat video. Icecream Screen Recorder ini juga dapat digunakan sebagai cara screenshot di laptop.
Bukan tanpa alasan mengapa aplikasi ini menjadi pilihan utama sebagai software perekam layar di pc mereka, karena software ini memiliki beberapa keunggulan.
Beberapa keungulan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Terdapat konfigurasi shorcut untuk Pause, Record, dan Stop.
  • Dapat melakukan perekam layar dan face cam di pc.
  • Merekam audio dan video secara bersamaan
  • Terdapat history project
Selain keunggulan yang ditawarkan, aplikasi ini juga memilki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah dalam versi gratis aplikasi ini hanya mengijinkan perekaman maksimal selama 10 menit.
Dan kemudian pilihan editing, sangat terbatas pada versi gratis. Sehingga untk menikmati fitur lengkap dari aplikasi ini anda harus membayarnya. Download Icecream Screen Recorder.

5. Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar
Windows 10 Game bar merupakan software bawaan dari windows 10. Cara untuk menjalankan program ini di windows 10 anda adalah dengan menekan windows + G dan nantinya jendela program akan terbuka.
Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur game dvr. Fitur ini memungkinkan seseorang untuk merekam layar pc dengan lebih smooth sehingga video yang dihasilkan akan lebih baik.
Dan juga hasil rekaman dari aplikasi ini meiliki size yang tidak terlalu besar, sehngga tidak membebankan memori penyimpanan anda. Download di sini.

6. ShadowPlay

ShadowPlay
Aplikasi ini merupakan hardware accelerated screen recording, artinya aplikasi ini akan menggunakan hardware dari GPU GeForce dari NvIDIA untuk membantu melakukan perekaman layar pc.
Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan, salah satu fitur tersebut adalah merekam mundur hingga 20 menit ke belakang.
Dengan adanya fitur ini anda dapat merekam momen-momen yang sudah anda lewatkan, anda cukup menekan shortcut untuk menandakan akhir dari video.
Dan secara otomatis aplikasi perekam layar yang satu ini akan merekam mundur ke belakang sampai 20 menit. Sehingga momen-momen berharga yang anda lewatkan dapat anda rekam.

7. WM Capture

WM Capture
WM Capture merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk merekam layar pc anda tanpa takut terkena watermark pada videonya.
Keunikan dari aplikasi ini adalah anda bisa menentukan kapan mulai merekam, dengan adanya fitur schedule recording. Dan tentunya anda bisa merekam dibagian layar tertentu saja.
Sebagai salah satu aplikasi perekam layar untuk pc terbaik, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah memiliki output yang beragam.
Format output terhadap video yang dihasilkan terdiri dari berbagai macam seperti MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO. Dan hal ini tentu saja membantu anda dalam menentukan format rekaman.

8. Dxtory

Aplikasi perekam layar pc
Dxtory dikenal sebagai salah satu software untuk merekam layar laptop yang ringan dengan tampilan dan pengaturan yang mudah dipahami.
Selain itu aplikasi ini juga memiliki keunggulan untuk merekam dalam kualitas tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan.
Anda juga bisa menggunakan aplikasi edit foto komputer sebagai alat tambahan untuk pembuatan konten jika anda adalah seorang konten kreator.
Fitur Dxtory:
  • Ukuran software sangat kecil, tidak sampai 10MB.
  • Merekam data dari surface memory buffer, sehingga tidak makan kinerja RAM besar.
  • Software sangat responsif, tidak membuat game lag.
  • Kualitas rekaman baik, tanpa adanya proses kompress.
  • Download Dxtory

9. XSplit Gamecaster

XSplit Gamecaster
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh XSplit Gamecaster adalah kemampuannya dalam merekam streaming yang sangat hebat.
Aplikasi ini dapat menayangkan berbagai macam streaming yang sedang Anda lakukan dengan stabil tanpa adanya hambatan.
Selain itu, Anda tidak perlu repot saat menggunakannya, sebab hanya dengan satu tombol saja, Anda sudah bisa mulai merekam.
Dan yang lebih hebatnya lagi, aplikasi ini berjalan dengan cara menyesuaikan konfigurasi setiap laptop yang digunakan. Download XSplit di sini.

10. Action!

Action!
Mendengar namanya saja aplikasi ini sudah sangat menarik. Ya, ternyata nama dari aplikasi perekam layar ini sama dengan kualitasnya.
Jadi, aplikasi ini memiliki keunggulan dimana ia dapat melakukan streaming real time dan mereka berbagai macam video dengan kualitas baik yakni beresolusi HD.
Tidak sampai di situ saja, aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam fitur yang menarik untuk merekam sebuah video. Bahkan untuk kualitas suara yang dihasilkan juga sempurna.
Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan screenshoot dengan kecepatan yang tinggi. tidak heran jika Action juga sangat cocok dijadikan sebagai aplikasi untuk merekam tutorial.
Adapun setelah aktivitas layar direkam, nantinya hasil video tersebut berformat MP4 dan AVI. Jadi, sudah dipastikan bahwa aplikasi ini benar-benar sangat sempurna untuk Anda.
Bagaimana? Apakah Anda ingin menjajal kualitas dari aplikasi perekam layar PC ini? Selain mudah untuk digunakan, aplikasi ini juga sangat sempurna sesuai dengan kebutuhan Anda. Download di sini.

11. Perekam Layar Ezvid

Ezvid Screen Recorder
Aplikasi perekam layar selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Ezvid. Ezvid adalah salah satu software perekam layar yang bisa Anda unduh secara gratis tanpa adanya watermark.
Tidak sampai di situ saja, aplikasi ini juga memiliki banyak sekali fitur video editing yang langsung bisa digunakan setelah Anda selesai melakukan perekaman layar.
Dengan memanfaatkan aplikasi perekam layar PC ini, Anda dapat menghasilkan kualitas rekaman layaknya seorang profesional.
Sayangnya, aplikasi ini memiliki kekurangan dimana untuk menggunakan aplikasi ini Anda membutuhkan sebuah PC yang memiliki kapasitas 10 GB.
Hal inilah yang membuat aplikasi ini sangat tidak cocok jika digunakan pada PC dengan generasi yang lama. Sebab roses instalasi yang dilakukan juga akan berlangsung sangat lama.
Nah, untuk Anda yang memenuhi syarat, langsung saja download Ezvid pada PC Anda sekarang juga.

12. CamStudio

CamStudio
Software selanjutnya yang bisa Anda andalkan untuk merekam layar PC dengan kualitas dan resolusi yang bagus adalah CamStudio.
Aplikasi ini adalah software open source yang dapat diunduh secara gratis. Bahkan aplikasi ini juga cukup populer dan memiliki banyak peminat.
Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat mengubah hasil rekaman dari format AV ke SWF dimana ia dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan website.
Keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam gambar demi gambar dalam satu perekaman.
Adapun kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya bug pemasangan software dari pihak ke 3 yang langsung ter instalasi langsung dengan program. Download di sini.

13. TinyTake

TinyTake
Aplikasi terakhir yang bisa Anda andalkan untuk melakukan perekaman layar PC adalah TinyTake. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan, rutinitas, hobi membuat video rekaman dengan layar PC.
Nah, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mencurahkan semua kreativitas untuk menghasilkan sebuah video yang menarik untuk diunggah ke YouTube maupun media sosial lainnya.
Salah satu kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam layar dan juga webcame secara bersamaan.
Sayangnya, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dimana jika Anda menggunakannya dengan mode gratis, maka perekaman layar hanya dapat dilakukan 5 menit saja.
Meskipun demikian, untuk rekam layar yang dilakukan selama 5 menit dengan mode gratis ini tidak memiliki watermark. Itu membuat kualitas yang dihasilkan sangat memuaskan dengan resolusi gambar yang tinggi.
Adapun kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam hanya dengan satu kali klik saja. Download di sini.

Comments

IKLAN