Skip to main content

Perbaiki The Spooler Printer Di Windows

1. Melalui Windows service.

Tekan tombol keyboard Windows+R untuk menjalankan atau membuka kotak dialog Run, ketikkan services.msc dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.
Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows
Di jendela Service yang muncul, cari Print Spooler dan kemudian klik ganda (double-click) untuk menampilkan kotak dialog Print Spooler Properties.
Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows
Di kotak dialog Print Spooler Properties (Local Computer) yang muncul, di tab General (1), klik tombol Stop (2).
Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows
Jalankan atau buka kembali kotak dialog Run, ketik C:\Windows\System32\spool\printers dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Seleksi atau sorot semua file yang ada di dalam folder printers dan kemudian hapus (delete).
Kembali lagi ke kotak dialog Print Spooler Properties (Local Computer), masih di tab General (1), klik tombol Start (2) dan kemudian klik tombol OK (3) untuk mengakhiri.
Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows

2. Melalui Command Prompt.

Selain cara di atas, Anda dapat menggunakan baris perintah (command line) di Command Prompt. Anda perlu menjalankan atau membuka terlebih dahulu Command Prompt. Ada beberapa cara untuk menjalankan atau membuka Command Prompt. Di jendela Command Prompt yang muncul atau terbuka, Anda perlu mengeksekusi beberapa baris perintah berikut ini:
  • Ketikkan net stop spooler dan tekan tombol keyboard Enter untuk menghentikan (stop) print spooler (1).
  • Ketikkan del /Q /F /S "%systemroot%\System32\Spool\Printers\*.*" dan tekan tombol keyboard Enter untuk menghapus semua file yang ada di folder printers (2).
  • Ketikkan net start spooler dan tekan tombol keyboard Enter untuk memulai (start) print spooler (3).
  • Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows

Comments

IKLAN