Skip to main content

CARA MUDAH MENGALIHKAN TELKOM 1 KE TELKOM 3S

Caranya adalah dengan merubah LNB TELKOM 1 ke LNB TELKOM 3S

Beberapa hari yang lalu satelit telkom 1 tiba-tiba semua sinyalnya menghilang. Dari kabar yang beredar, satelit telkom 1 ini tiba-tiba rusak karena usianya sudah melampaui batas. Satelit telkom 1 aktif mulai tahun 1999, sedangkan umur satelit sekitar 15 tahun.

Seharusnya satelit ini sudah pensiun tahun 2014. Tapi karena penggantinya mengalami kegagalan dalam peluncurannya (meledak di udara), maka satelit telkom 1 dipaksakan beroperasi sampai akhirnya mengalami kerusakan.

Akhirnya satelit telkom 1 yang sudah rusak chanelnya dipindahkan ke satelit palapa d, tapi ini hanya untuk sementara, untuk kemudian dipindahkan ke satelit Telkom 3S.

Untuk bisa menerima siaran dari satelit Telkom 3S posisi parabola harus di set lagi karena posisi satelit Telkom 3S posisinya tidak sama dengan satelit Telkom 1.

Yang pertama kita harus tahu dulu posisi satelit Telkom 3S yang dimaksud. Posisi satelit Telkom 3S berada disebelah timurnya satelit Palapa D. Tepatnya di posisi 118° E. Sedangkan satelit palapa d berada diposisi 113° E, dan satelit telkom 1 berada diposisi 108° E. Jadi jarak satelit telkom 3s ke satelit palapa d adalah 5° dan jarak satelit palapa d ke satelit telkom 1 juga 5°.

Jarak satelit Telkom 3S ke satelit Palapa d sama persis dengan jarak satelit Telkom 1 ke satelit Palapa d, hanya bedanya posisi satelit telkom 3s berada disebelah timurnya satelit palapa d, sedangkan satelit telkom 1 berada disebelah baratnya satelit palapa d.

Alhasil untuk mendapatkan sinyal satelit telkom 3s kita tidak perlu merubah jarak lnb nya. Melainkan kita tinggal memindah posisinya. Ada dua cara untuk merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S.


1. Memutar posisi lnb

Kita cukup memutar 180° posisi lnb. Misalkan parabolanya menggunakan pipa tiang cangkul, kita tinggal memutar tiang cangkul tersebut yang tadinya arahnya ke timur, diputar ke arah barat.

Untuk memutar arah lnb caranya seperti gambar berikut ini:

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S

Cara ini bisa dilakukan jika keadaan mounting dish masih cukup bagus. Jika dish sudah tua dan mounting sudah karatan sehingga tidak bisa diputar, maka untuk mendapatkan satelit telkom 3s bisa menggunakan cara kedua yang akan dijabarkan dibawah.
Jika tiang lnb menggunakan tiang tripot maka posisi tiang tripot tersebut juga harus dipindah sehingga posisi lnb berbalik arah. Caranya tiga buah tiang dicopot dari dish. Sebelumya posisi 3 tiang kan disebelah barat 1 buah (posisi tengah) dan sebelah timur 2 buah (posisi kiri kanan). Setelah dicopot kemudian dipasang lagi pada dish dengan posisi 1 tiang di timur (posisi tengah) dan 2 tiang dibarat (posisi kiri kanan).

Posisi dish tidak perlu di rubah-rubah karena cara memaksimalkannya cukup dengan memutar-mutar posisi lnb. Pada beberapa kasus, posisi dish harus di gerakkan sedikit untuk memaksimalkan sinyal.


2. Menggeser posisi dish ke timur

Untuk cara kedua ini, pertama kita harus merubah seting pada menu satelit. Maksud merubah disini adalah seting satelit palapa dirubah sesuai seting satelit telkom dan seting satelit telkom dirubah sesuai seting satelit palapa.

Sebagai contoh, sebelum dirubah, seting satelit palapa adalah: 

22koff
DiseqCPort 1

Sedangkan seting satelit telkom adalah:
22koff
DiseqCPort 2

Maka setelah dirubah jadinya adalah seting satelit palapa:
22koff
DiseqCPort 2

Dan seting satelit telkom jadi: 
22koff
DiseqCPort 1

Untuk cara merubah seting satelit silahkan baca: Switch Parabola dan Cara setingnya Setelah seting menu satelit dirubah, kemudian dish digeser sedikit demi sedikit ke arah timur (sudut deklenasi) sampai didapat sinyal satelit palapa.

Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3S

Setelah sinyal satelit palapa d didapat cukup baik, kemudian satelit telkom discan, maka chanel satelit telkom 3s akan muncul, setelah muncul maka tinggal memaksimalkannya.




sumber: najwatehnik.blogspot.co.id

Comments

Popular posts from this blog

100+ Perintah CMD dan fungsinya, cocok untuk Hack!

Kamu pengguna PC Windows? Lagi cari kumpulan perintah  Command Prompt (CMD)  yang bisa memudahkan dalam mengoperasikan perangkat? Meskipun saat ini semua fitur keren di  sistem operasi Windows  dapat digunakan langsung dalam mode  GUI (Graphical User Interface)  yang cantik, namun pada kenyatannya CMD tetap tak bisa ditinggalkan oleh para penggunanya. Entah itu untuk membantu dalam penggunaan fitur-fitur dasar, hingga untuk melakukan hal-hal yang sangat teknis. Bahkan, nggak sedikit juga dari mereka yang mencari perintah CMD untuk hack website lho, geng. Nah, ngomongin soal perintah Command Prompt, di artikel kali ini Jaka bakal kasih kamu kumpulan perintah CMD dan fungsinya yang bisa kamu coba nih. Yuk, disimak! DAFTAR ISI Apa Itu Command Prompt? Cara Membuka Command Prompt Kumpulan Perintah CMD dan Fungsinya Daftar Perintah CMD Untuk Jaringan WiFi Daftar Perintah Dasar CMD Perintah CMD Lainnya Sesuai Abjad Apa Itu Comm

IKLAN